Jumat, 17 Mei 2019

Posted by AKbar
No comments | Mei 17, 2019
Untuk postingan kali ini saya akan memberikan cara membuat Konfigurasi perangkat dasar sederhana menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Dalam pembuatan jaringan ini memakai 1 buah switch, dan 1 buah PC. Semua sudah terdapat di dalam aplikasi Cisco Packet Tracer tersebut. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya : 1. Buka aplikasi Cisco Packet Tracer yang sudah terinstal di PC/Laptop anda. Sehingga muncul jendela seperti di bawah ini :

1. Kita harus menginstall, dan membuka aplikasi software pocket tracer, Setelah itu kita klik End Device. Pilih PC, Lalu Kita Klik Network Device. Pilih Switches.


2.  Kita Hubungkan Dari PC ke Switches.

3.  Double Klik PC,Pilih Fast Ethernet

4.  Double Klik Switches,Pilih Fast Ethernet




5.  Dan Setelah Terhubung Antara PC dan Switches, Selanjutnya Kita Klik CLI.




6.  Dibawah ini adalah Tampilan Pertama Saat Kita Membuka CLI pada Switches.



7.  Dan terkahir ini adalah tampilah saat melakukan konfigurasi melalui CLI pada switch dengan memasukan IP address



Switch adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar.

 Beberapa fungsi switch yaitu sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer, switch bertugas bagaimana cara mengirimkan paket data untuk sampai ke tujuan dengan perangkat yang tepat, Switch juga bertugas untuk mencari jalur yang paling baik dan optimal serta memastikan pengiriman paket data yang efisien ketujuannya.




CARA KERJA SWICTH

Switch merupakan hardware (perangkat keras) jaringan komputer yang sama dengan HUB, perbedaanya switch ini lebih pintar walaupun harganya sedikit lebih mahalan ketibang HUB. Cara kerja switch yaitu dengan cara menerima paket data pada suatu port lalu akan melihat MAC (Media Access Control)tujuannya dan membangun sebuah koneksi logika dengan port yang sudah terhubung dengan node atau perangkat tujuan, sehingga selain port yang dituju tidak dapat menerima paket data yang dikirimkan dan akan mengurangi terjadinya tabrakan data atau disebut dengan collision. Setiap perangkat yang terhubung ke port tertentu, MAC addsernya akan dicatat di MAC address table yang nantinya disimpan pada memori chache switch, itulah bagaimana switch bekerja.

" Disini Saya Akan Menjelaskan Perintah Dari Si Switches Tersebut".

1.Perintah Dasar Cisco:

- Swicth->Enable, Perintah Yang Digunakan Untuk Berpindah Dari User Ke Privileges Menggunakan "Enable"

- Switch->#Configure Terminal, Perintah Yang Digunakan Untuk Mengkonfigurasi Secara Umum Menggunakan "CONFIGURE TERMINAL"


2. Konfigurasi Perangkat

- Switch->#hostname Akbar, Hostname. Nama host atau Hostname adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama.



3. Konfigurasi Dasar Perangkat

- Akbar(config)#enable secret cisco
- Akbar(config)#line console 0
- Akbar(config)#password c1$c0
- Akbar(config)#login
- Akbar(config)#exit
- Akbar(config)#line vyt 0 4
- Akbar(config)#password c1$c0
- Akbar(config)#login
- Akbar(config)#exit
* Supaya Bisa Mengamankan Password Dengan Lebih Ketat Dan Mudah.
* Menghindarkan Pengunaan Password Berulang-Ulang.
* Menggunakan Karakter Password Yang Kuat.

- Akbar(config)#banner motd "Selamat Datang"


fungsi bannner itu sendiri adalah sebagai identitas deskripsi dari sistem device cisco. Selain itu banner sendiri bisa menjadi sebagai pengaman yang akan mengecoh para pembobol jaringan walaupun pengecohan tersebut hanya meningkatkan 5-20% tingkat keamanan.

-Akbar(config)#interface vlan 1
fungsi interface. Interface, antarmuka. Penghubung antara dua sistem atau alat. ... Sedangkan dalam terminologi perangkat keras,interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu sistem.

- Akbar(config)#ip address 192.168.10.1 255.255.255.0
Fungsi IP Address adalah sebagai alat identifikasi Host atau antar muka, alamat lokasi pada jaringan komputer yang bersifat unik untuk tiap-tiap komputer dan digunakan juga pada jaringan internet.


0 komentar:

Posting Komentar